Barus, Andreanes (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGELASAN BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SISWA KELAS XII SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 5111121003 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2.NIM. 5111121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3.NIM. 5111121003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4.NIM. 5111121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5.NIM. 5111121003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
6.NIM. 5111121003 TABLE.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7.NIM. 5111121003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8.NIM. 5111121003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
12.NIM. 5111121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13.NIM. 5111121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya nilai akhir siswa pada materi teknik pengelasan. Dimana hasil pengamatan dari nilai siswa pada tahun terakhir menunjukkan bahwa dari 30 jumlah siswa, hanya 14 siswa atau 45% yang mampu mencapai criteria ketuntasan minimal, dan 16 siswa atau 55% dikategorikan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berdasrkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Saitifik dalam proses belajar mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengelasan, setelah peneliti menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Saitifik dalam proses blajar mengajar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang beralamat di Jln. Galang Lubuk Pakam. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Teknik Pemesinan yang berjumlah 32 siswa. Subjek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik pada materi teknik pengelasan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, hasil proyek serta hasil tes belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada tindakan siklus I dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik diperoleh nilai rata-rata 57,81 dengan persentase ketuntasan klasikal 28,12% , nilai rata-rata psikomotor (praktek) 62,81 dengan persentase ketuntasan klasikal psikomotor (praktek) 31,25%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik diperoleh nilai rata-rata nilai pos-tes semakin meningkat menjadi 79,37 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal 71,87%, nilai rata-rata psikomotor (praktek) juga meningkat menjadi 79,43 dengan jumblah persentase ketuntasan klasikal 87,50%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teknik pengelasan kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 027 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL);Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar Pengelasan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 05:08 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5947 |