Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Bimbingan dan Konseling

GINTING, IKO HARTANTA (2024) Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Pada Program Studi Bimbingan dan Konseling. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1181151015_Cover.pdf] Text
1181151015_Cover.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 1181151015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1181151015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 1181151015_Abstrak.pdf] Text
1181151015_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1181151015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1181151015_Kata_Pengantar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1181151015_Daftar_Isi.pdf] Text
1181151015_Daftar_Isi.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 1181151015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1181151015_Daftar_Gambar.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1181151015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1181151015_Daftar_Tabel.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 1181151015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1181151015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 1181151015_BAB_I.pdf] Text
1181151015_BAB_I.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 1181151015_BAB_V.pdf] Text
1181151015_BAB_V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1181151015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1181151015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan kelompok teknik pengelolaan diri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Juhar Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi experiment dengan metode times series. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII yang memiliki Perilaku Terlambat yang tinggi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket Hubungan Interpersonal yang berjumlah 35 item pertanyaan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik pengelolaan diri terhadap perilaku terlambat siswa. Hasil dari pre-test diperoleh hasil sebesar 853 dan skor post-test (sesudah diberi layanan konseling kelompok teknik pengelolaan diri) yang ketiga adalah sebesar450. Artinya bahwa seluruh subjek atau responden mengalami penurunan perilaku terlambat sebesar 47.25%. Kemudian untuk skor rata-rata keseluruhan pre-test diperoleh 106.625 dan skor rata-rata post-test ketiga sebesar 56,25. Dengan demikian keseluruhan subjek atau responden mengalami rata-rata peningkatan kepercayaan diri sebesar 47.25% Berdasarkan hasil perhitungan Wilcoxon nilai Jhitung = 36 dengan α = 0.05 dan n = 8 sehingga nilai Jtabel adalah 4. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa Jhitung > Jtabel yang dimana 6 >4. sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4 dari perhitungan ini dapat dilihat pelaksanaan pada kelompok eksperimen artinya diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Pengaruh Layanan Konseling Kelompok teknik pengelolaan diri terhadap perilaku terlambat Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Juhar Tahun Ajaran 2022/2023” .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Pengelolaan Diri, Perilaku Terlambat
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 01 Jul 2025 02:14
Last Modified: 01 Jul 2025 02:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59456

Actions (login required)

View Item
View Item