KEEFEKTIFAN TEKNIK METAFORA DALAM KONSELING REALITAS UNTUK MEREDUKSI PRILAKU BOLOS SEKOLAH BAGI SISWA KELAS XI KRIYA KAYU DI SMK NEGERI 1 LAGUBOTI

SIREGAR, KEZIA ANGELINE (2024) KEEFEKTIFAN TEKNIK METAFORA DALAM KONSELING REALITAS UNTUK MEREDUKSI PRILAKU BOLOS SEKOLAH BAGI SISWA KELAS XI KRIYA KAYU DI SMK NEGERI 1 LAGUBOTI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191151021_Cover.pdf] Text
1191151021_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1191151021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191151021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of 1191151021_Abstrak.pdf] Text
1191151021_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 1191151021_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191151021_Kata_Pengantar.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 1191151021_Daftar_Isi.pdf] Text
1191151021_Daftar_Isi.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 1191151021_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191151021_Daftar_Gambar.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1191151021_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191151021_Daftar_Tabel.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 1191151021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191151021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 1191151021_BAB_I.pdf] Text
1191151021_BAB_I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 1191151021_BAB_V.pdf] Text
1191151021_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 1191151021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191151021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik metafora dalam konseling realitas untuk mereduksi perilaku bolos sekolah siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah teknik metafora melalui layanan konseling realitas efektif untuk mereduksi perilaku bolos sekolah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa kelas XI Kriya Kayu di SMK Negeri 1 Laguboti yang memiliki tingkat bolos sekolah yang tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur tingkat bolos sekolah siswa. Item angket yang sudah valid adalah 30 item. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling. Penurunan perilaku bolos sekolah siswa terlihat setelah melakukan pre-test dan post-test, dimana pada nilai pre-test rata-rata nilai secara keseluruhan adalah 104,5 berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan nilai post-test setelah diberikan layanan nilai rata-rata secara keseluruhan adalah 71,5 berada pada kategori rendah. Dari uji Paired Sampels T-Test menunjukkan bahwa nilai sig t 0.003 < 0,005 menunjukkan adanya perbedaan yang terjadi setelah perlakuan. Maka dapat disimpulkan bahwa �� diterima dan �� ditolak, artinya bahwa dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Layanan Konseling dengan teknik metafora dalam konseling realitas efektif untuk mereduksi perilaku bolos sekolah siswa kelas XI Kriya Kayu di SMK Negeri 1 Laguboti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teknik Metafora Dalam Konseling Realitas, Perilaku Bolos Sekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 08 May 2025 01:37
Last Modified: 08 May 2025 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59445

Actions (login required)

View Item
View Item