PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK PENGENDALIAN EMOSI NEGATIF REMAJA PELAKU BULLYING DI SMP N 2 SEI BAMBAN T.A 2022/2023

GULTOM, JAPOLTAK (2023) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK PENGENDALIAN EMOSI NEGATIF REMAJA PELAKU BULLYING DI SMP N 2 SEI BAMBAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1173351023_Cover.pdf] Text
1173351023_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 1173351023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1173351023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 1173351023_Abstrak.pdf] Text
1173351023_Abstrak.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 1173351023_Kata_Pengantar.pdf] Text
1173351023_Kata_Pengantar.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 1173351023_Daftar_Isi.pdf] Text
1173351023_Daftar_Isi.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 1173351023_Daftar_Gambar.pdf] Text
1173351023_Daftar_Gambar.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 1173351023_Daftar_Tabel.pdf] Text
1173351023_Daftar_Tabel.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1173351023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1173351023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1173351023_BAB_I.pdf] Text
1173351023_BAB_I.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 1173351023_BAB_V.pdf] Text
1173351023_BAB_V.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 1173351023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1173351023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perngaruh layanan konseling kelompok
teknik Problem Solving untuk pengendalian emosi negatif remaja pelaku bullying
di SMPN 2 Sei Bamban T.A 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis
penelitian semu-eksperimen dengan one group pre-test post-test. Subjek dalam
penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII yang memiliki tingkat pengendalian
emosi rendah. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan angket pengendalian
emosi yang berjumlah 27 pertanyaan yang telah valid dan reliabel. Angket
diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok teknik
problem solving. Analisis data yang digunakan adalah dengan mengggunakan uji
Wilcoxon, untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling
kelompok teknik problem solving untuk pengendalian emosi negatif remaja pelaku
bullying. Hasil analisis diperoleh dengan hasil skor total pre-test sebesar 461 dan
skor total post-test sebesar 849. Maka diperoleh selisih skor sebesar 388, artinya
bahwa seluruh subjek atau responden mengalami peningkatan pengendalian emosi
negative remaja pelaku bullying sebesar 45,70%. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon
diperoleh hasil bahwa Jhitung > Jtabel dimana 17>4, artinya hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Konseling
Kelompok Teknik Problem Solving untuk Pengendalian Emosi Negatif Remaja
Pelaku Bullying di SMP N 2 Sei Bamban T.A 2022/2023”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konseling Kelompok, Teknik Problem Solving, Pengendalian Emosi Negatif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 04 Feb 2025 06:35
Last Modified: 04 Feb 2025 06:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59438

Actions (login required)

View Item
View Item