Sihotang, Ayu Permatasari (2024) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA N 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
2202411017_Cover.pdf
Download (147kB)
2202411017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (428kB)
2202411017_Kata_Pengantar.pdf
Download (167kB)
2202411017_Daftar_Isi.pdf
Download (427kB)
2202411017_Daftar_Tabel.pdf
Download (43kB)
2202411017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
2202411017_BAB_I.pdf
Download (727kB)
2202411017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2202411017_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2202411017_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
2202411017_BAB_V.pdf
Download (172kB)
2202411017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (292kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA N 14 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 14 Medan yang berjumlah 360 siswa dan terdiri dari sepuluh kelas. Sampel diambil dengan cara simple random sampling yaitu kelas X-1 yang terdiri dari 36 orang dan X-2 berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen two group post-test only control design, dengan instrumen penelitian berupa tes unjuk kerja menulis teks eksposisi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” data yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 70,36 dan standar deviasi 7.15, sedangkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa menggunakan model pembelajaran SAVI termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 89,36. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan Thitung > Ttabel yaitu 9,82 > 1,934, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap keterampilan menulis teks eksposisi kelas X SMA N 14 Medan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran SAVI; Keterampilan Menulis; Teks Eksposisi |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
| Date Deposited: | 04 Feb 2025 04:35 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 04:56 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59427 |
