UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 2 MARDINGDING

Sembiring, Jaka Supan Sakti (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMP NEGERI 2 MARDINGDING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173311053_Cover.pdf] Text
4173311053_Cover.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4173311053_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173311053_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 4173311053_Abstrak.pdf] Text
4173311053_Abstrak.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4173311053_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173311053_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 4173311053_Daftar_Isi.pdf] Text
4173311053_Daftar_Isi.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4173311053_BAB_I.pdf] Text
4173311053_BAB_I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4173311053_BAB_V.pdf] Text
4173311053_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4173311053_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173311053_Daftar_Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran problem based learning pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VII SMP Negeri 2 Mardingding. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Mardingding yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah lembar observasi guru, tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan dokumentasi. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar dari tes kemampuan awal ialah 6 siswa dari 32 siswa dengan rata – rata 52,43. Pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran diperoleh nilai rata – rata kemampuan siswa 64,15 dengan jumlah siswa yang tuntas ialah 13 orang siswa dari 32 siswa atau 40,62%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata – rata yang diperoleh ialah 80,2 dengan jumlah siswa yang tuntas ialah 28 siswa 32 siswa atau 87,5%. Berdasarkan hasil pengelolaan pembelajaran oleh peneliti, pada siklus I rata – rata kemampuan guru 3,16 menjadi 3,44 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sesuai dengan ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal dan dapat disimpulkan penelitian berhasil karena didalam kelas ini terdapat 87,5% yang telah mencapai presentase hasil belajar ≥ 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah matematik, Peningkatan Kemampuan pemecahan masalah matematik, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Feb 2025 04:27
Last Modified: 04 Feb 2025 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59424

Actions (login required)

View Item
View Item