PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Lubis, Khairunnisa Maisarah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311085_Cover.pdf] Text
4203311085_Cover.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 4203311085_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311085_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4203311085_Abstrak.pdf] Text
4203311085_Abstrak.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 4203311085_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311085_Kata_Pengantar.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 4203311085_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311085_Daftar_Isi.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4203311085_BAB_I.pdf] Text
4203311085_BAB_I.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4203311085_BAB_V.pdf] Text
4203311085_BAB_V.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 4203311085_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311085_Daftar_Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Swasta Bina Bersaudara Medan degan penerapamm model pembelajarn Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Bina Bersaudara Medan dengan jumlah 26 orang siswa. setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu berpikir keaslian, lancar, luwes, dan elaborasi. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning. Peningkatan diperoleh melalui skor rata-rata siswa dari 37,33 dalam kategori sangat rendah meningkat pada siklus I menjadi 68,29 dalam kategori sedang serta meningkat pada siklus II menjafi 87,18 dalam kategori Tinggi. Peningkatan juga diperoleh dari Kemampuan siswa secara klasikal dimana pada siklus I diperoleh sebanyak 17 siswa (65,4%) tuntas. Lalu, pada siklus II diperoleh sebanyak 23 siswa (88,5%) tuntas secara klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII SMP Swasta Bina Bersaudara Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Feb 2025 03:06
Last Modified: 04 Feb 2025 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59414

Actions (login required)

View Item
View Item