Rahman, Aditya (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 AIR JOMAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 509321003 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. NIM. 509321003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
03. NIM 509321003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
04. NIM. 509321003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
05. NIM. 509321003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
06. NIM. 509321003 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM. 509321003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
08. NIM. 509321003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
12. NIM. 509321003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM. 509321003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur pokok bahasan penyetelan / pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong sesuai dengan prosedur operasi standar dengan menggunakan modelProblem Based Learning di kelas XTeknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Air Joman Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 1 Air Joman Kabupaten Asahan tahun pelajaran 2015/2016 dengan subjek sebanyak 21 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 75 dan setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran modelProblem Based Learning pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 88.1. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 14 orang (66,6%) dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 18 orang (85,7%) yang telah tuntas, sedangkan 3 orang (14,3%) masih belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa dilakukan dengan dua siklus dengan tindakan siklus I diperoleh 69.03% tergolong rendah, dan setelah dilakukan siklus II diperoleh rata-rata 83.3% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran alat ukur pokok bahasan penyetelan / pengukuran dan pemeliharaan jangka sorong sesuai dengan prosedur operasi standar dari ulangan harian rata-rata hasil belajar 61 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 75 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 88.1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 035 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Alat ukur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:31 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5941 |