UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TIPE EXAMPLES NON EXAMPLE KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 MERDEKA T.A 2015/2016

Lase, Niko Andreas (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TIPE EXAMPLES NON EXAMPLE KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 MERDEKA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 4. PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. PREFACE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 5. TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 6. LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7. LIST OF APENDDEXES.pdf]
Preview
Text
7. LIST OF APENDDEXES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran
Gambar Teknik pada topik gambar proyeksi piktorial dengan menggunakan model problem
based learning (PBL) Tipe
Examples non Example
di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK
N 1 Merdeka Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK),
subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Merdeka tahun
pelajaran 2015/2016 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2
siklus, dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 78,3
dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 19 orang (63,3%) sedangkan hasil observasi
aktivitas siswa diperoleh rata-rata 65,9% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-
rata siswa 86 dengan ketuntasan belajar sebanyak 26 orang (86%) yang telah tuntas dan 4 orang
(13%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 80,2%
tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning
Tipe
Examples non Example
dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran
Gambar Teknik materi pokok pengenalan jenis gambar proyeksi piktorial, dari tindakan pada
siklus I rata-rata hasil belajar 63,3% kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil
belajar 86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSN 050
Keywords: Gambar Teknik; StrategiBelajar; Examples , Hasil Belajar, Gambar Teknik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:23
Last Modified: 22 Jun 2016 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item
View Item