Lase, Niko Andreas (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TIPE EXAMPLES NON EXAMPLE KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK N 1 MERDEKA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6. LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7. LIST OF APENDDEXES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran
Gambar Teknik pada topik gambar proyeksi piktorial dengan menggunakan model problem
based learning (PBL) Tipe
Examples non Example
di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK
N 1 Merdeka Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK),
subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Merdeka tahun
pelajaran 2015/2016 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2
siklus, dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap
yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 78,3
dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 19 orang (63,3%) sedangkan hasil observasi
aktivitas siswa diperoleh rata-rata 65,9% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-
rata siswa 86 dengan ketuntasan belajar sebanyak 26 orang (86%) yang telah tuntas dan 4 orang
(13%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 80,2%
tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning
Tipe
Examples non Example
dapat meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran
Gambar Teknik materi pokok pengenalan jenis gambar proyeksi piktorial, dari tindakan pada
siklus I rata-rata hasil belajar 63,3% kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil
belajar 86%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 050 |
Keywords: | Gambar Teknik; StrategiBelajar; Examples , Hasil Belajar, Gambar Teknik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:23 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5940 |