Banurea, Lolo Kholiza (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMIK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202411001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411001_Cover.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 4202411001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411001_Abstrak.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 4202411001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411001_Kata_Pengantar.pdf
Download (84kB)
![[thumbnail of 4202411001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411001_Daftar_Isi.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 4202411001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411001_BAB_I.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 4202411001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411001_BAB_V.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of 4202411001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202411001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komik digital pada pokok bahasan bangun datar untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan sebanyak 30 orang menggunakan penelitian research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Kualitas media pembelajaran ini diukur dari fiturnya yang valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa dinyatakan sangat valid oleh ahli media (89,7%) dan ahli materi (89,3%). Selain itu, komik digital ini juga memenuhi kriteria praktis dengan hasil angket respon ahli materi (89,3%), ahli media (90,0%), respon guru (88,6%), dan skor rata-rata peserta didik (84,7%). kemudian, komik digital ini memenuhi kriteria efektif dengan respon apresiasi siswa (90,6%) dan peningkatan minat belajar dari 45,8% menjadi 85,0%, serta perhitungan N-gain yang menunjukkan peningkatan sebesar 0,70. Secara keseluruhan media pembelajaran matematika berbasis komik digital tidak hanya valid dan praktis, tetapi juga efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi bangun datar. Diharapkan media pembelajaran matematika berbasis komik digital ini dapat digunakan oleh guru-guru SMP sebagai alternatif media pembelajaran sehingga bermanfaat bagi peserta didik dalam membantu memahami materi bangun datar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komik Digital, Minat Belajar, Penelitian dan Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 07:23 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59394 |