PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ KELAS VIII

Parsaulian, Raja (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311082_Cover.pdf] Text
4193311082_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4193311082_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311082_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4193311082_Abstrak.pdf] Text
4193311082_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4193311082_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311082_Kata_Pengantar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4193311082_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311082_Daftar_Isi.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4193311082_BAB_I.pdf] Text
4193311082_BAB_I.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 4193311082_BAB_V.pdf] Text
4193311082_BAB_V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4193311082_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311082_Daftar_Pustaka.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design. Penelitian dilakukan di SMP Free Methodist-1 Medan bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara model Problem Based Learning dan model Discovery Learning berbantuan Quizizz siswa SMP Free Methodist-1 Medan. Seluruh kelas VIII SMP Free Methodist-1 Medan tahun ajaran 2023/2024 merupakan populasi dalam penelitian, terpilih 2 kelas sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dimana siswa kelas VIII-1 yang berjumlah 35 siswa mewakili kelas eksperimen I yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning bebantuan Quizizz dan VIII-3 yang berjumlah 35 siswa mewakili kelas eksperimen II yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Sebagai alat pengumpulan data, digunakan data posttest dalam bentuk tes uraian yang berjumlah sebanyak 3 butir soal. Berdasarkan data posttest, nilai rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksperimen I sebesar 85,7143 dan nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas eksperimen II sebesar 78,5711. Dengan menggunakan uji hipotesis dua arah diperoleh t hitung = 3,224 dan t tabel = 1,9954 pada signifikansi a = 0,05 sehingga t hitung > t tabel. Maka dapat disimpulkan, H0 ditolak sehingga “ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning berbantuan Quizizz.” di SMP Free Methodist-1 Medan T.A
2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Discovery Learning, Quizizz, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Feb 2025 05:00
Last Modified: 03 Feb 2025 05:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59382

Actions (login required)

View Item
View Item