Syahputra, M Maulana (2016) PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN (PKKR) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASIC LEARNING SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK MUSDA PERBAUNGAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113122031 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 5113122031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM. 5113122031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
4. NIM. 5113122031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
5. NIM. 5113122031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 5113122031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM. 5113122031 TABLE.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
8. NIM. 5113122031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 5113122031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
13. NIM. 5113122031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
14. NIM. 5113122031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) dengan menggunakan model Project Based Learning pada materi rangkaian sistem kelistrikan bodi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Musda Perbaungan sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Project Based Learning pada materi rangkaian sistem kelistrikan bodi 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 19 siswa (63,3%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa (36,7%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 69 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 63,3%. Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 66,66% sudah mencapai target yang ditetapkan. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 25 siswa (83,3%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (16,7%) lainnya belum tuntas. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 19 siswa di siklus I bertambah sebanyak 6 siswa disiklus II menjadi 25 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 11 siswa yang tidak tuntas di siklus I menjadi 5 siswa di siklus II. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus II semakin meningkat menjadi rata-rata 72,66%. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulakan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi rangkaian kelistrikan bodi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 OTO 007 |
Keywords: | Pemeliharaan Kelistrikan;; Kendaraan Ringan; Model Project Based Learning; Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 22 Jun 2016 04:07 |
Last Modified: | 22 Jun 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5938 |