Samosir, Irene Karolina ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PLOTAGON STORY. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203311003_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_Cover.pdf
Download (141kB)
![[thumbnail of 4203311003_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 4203311003_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_Abstrak.pdf
Download (10kB)
![[thumbnail of 4203311003_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_Kata_Pengantar.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 4203311003_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_Daftar_Isi.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 4203311003_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_BAB_I.pdf
Download (344kB)
![[thumbnail of 4203311003_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_BAB_V.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of 4203311003_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203311003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (326kB)
Abstract
Mengacu pada hasil survei PISA yang diumumkan Selasa 05 Desember 2023 secara global skor kemampuan matematika, membaca, dan sains siswa berumur 15 tahun di 81 negara turun, termasuk Indonesia. Jika melihat pencapaian skor PISA Indonesia sejak ikut pertama kali tahun 2000 hingga 2022, skor PISA 2022 termasuk terendah, terutama skor matematika 360, skor tersebut di bawah rata-rata skor internasional yaitu 494. Faktor yang menjadi penyebab dari rendahnya prestasi siswa Indonesia dalam PISA, yaitu lemahnya kemampuan pemecahan masalah soal non-routine atau level tinggi. Soal yang diujikan dalam PISA terdiri atas 6 level (level 1 terendah dan level 6 tertinggi) dan soal-soal yang diujikan merupakan soal kontekstual, permasalahannya diambil dari dunia nyata. Siswa di Indonesia hanya terbiasa dengan soal-soal rutin pada level 1 dan level 2. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Indonesia rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media animasi Plotagon Story pada siswa SMP pada materi teorema phythagoras. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 13 Binjai. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi teorema pythagoras berbentuk uraian dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kurang baik adalah sebesar 10,71%, siswa dengan kemampuan cukup baik adalah sebesar 28,57%, siswa dengan kemampuan baik adalah sebesar 42,86%, dan siswa dengan kemampuan sangat baik adalah sebesar 17,85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning, Media Animasi Plotagon Story |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:49 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59370 |