PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMAS ERIA MEDAN

Fathani, Sulthonah Zhafirah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMAS ERIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202411013_Cover.pdf] Text
4202411013_Cover.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 4202411013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202411013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202411013_Abstrak.pdf] Text
4202411013_Abstrak.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4202411013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202411013_Kata_Pengantar.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of 4202411013_Daftar_Isi.pdf] Text
4202411013_Daftar_Isi.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 4202411013_BAB_I.pdf] Text
4202411013_BAB_I.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 4202411013_BAB_V.pdf] Text
4202411013_BAB_V.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 4202411013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202411013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Matematika merupakan bidang ilmu yang mempelajari berpikir logis, penalaran, deduksi, dan pemecahan masalah dalam kehidupan nyata. Kurikulum pendidikan di Indonesia dan National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menekankan pentingnya kemampuan pemecahan masalah. Akan tetapi, fakta di lapangan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, terutama berdasarkan hasil tes PISA (Program for International Student Assessment). Melalui observasi awal dan tes diagnostik yang diberikan pada siswa kelas XI MIPA-1 SMAS Eria Medan, diperoleh nilai rata-rata tes adalah 48,53 dari skala 100. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan berbantuan software Geogebra pada subjek yang sama, sebanyak 35 orang dengan materi limit dan turunan fungsi. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan yakni rata-rata kelas pada tes kemampuan pemecahan masalah siklus I adalah 84,8, dimana 17 siswa dengan kategori kemampuan sangat tinggi, 4 siswa dengan kategori tinggi, 6 siswa dengan kategori sedang, 1 siswa dengan kategori rendah, dan 2 siswa dengan kategori sangat rendah. Pada siklus II, rata-rata nilai tes siswa adalah 96,93, yakni 27 siswa memiliki kemampuan kategori sangat tinggi, 3 siswa termasuk kategori tinggi, dan tidak satupun siswa dalam kategori sedang hingga sangat rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Model kooperatif tipe Jigsaw, Software Geogebra.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:37
Last Modified: 31 Jan 2025 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59360

Actions (login required)

View Item
View Item