PENGEMBANGAN e-LKPD MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS X MIA MAN 1 MEDAN

Astria, Indri (2024) PENGEMBANGAN e-LKPD MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS X MIA MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201111005_Cover.pdf] Text
4201111005_Cover.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4201111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4201111005_Abstrak.pdf] Text
4201111005_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4201111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of 4201111005_Daftar_Isi.pdf] Text
4201111005_Daftar_Isi.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4201111005_BAB_I.pdf] Text
4201111005_BAB_I.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 4201111005_BAB_V.pdf] Text
4201111005_BAB_V.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4201111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-LKPD melalui pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan terhadap proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Medan pada semester ganjil T.A 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan objek penelitian berupa e-LKPD berbasis masalah. Angket dan tes digunakan sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa produk e-LKPD berbasis masalah yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai 3,19 yang tergolong pada ketegori layak, praktis dengan presentase angket respon guru 88,09% dan presentase angket respon siswa 77,31% yang keduanya tergolong pada kategori sangat praktis, dan peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa berdasarkan nilai N-Gain sebesar 0,79 dengan kategori peningkatan tinggi. Analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis masalah yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas X MIA MAN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-LKPD Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Analitis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 08:04
Last Modified: 31 Jan 2025 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59355

Actions (login required)

View Item
View Item