Ulfah, Indi Fauzati (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MTsN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311061_Cover.pdf
Download (259kB)
4193311061_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (900kB)
4193311061_Abstrak.pdf
Download (286kB)
4193311061_Kata_Pengantar.pdf
Download (254kB)
4193311061_Daftar_Isi.pdf
Download (277kB)
4193311061_BAB_I.pdf
Download (356kB)
4193311061_BAB_V.pdf
Download (238kB)
4193311061_Daftar_Pustaka.pdf
Download (283kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis augmented reality melalui model problem based learning yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa MTsN 1 Medan pada materi bangun ruang sisi datar yang berfokus pada Kubus dan Balok. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi LKPD, lembar RPP, tes kemampuan pemecahan masalah (pretest dan posttest), dan angket respon. Setelah LKPD dan instrumen dinyatakan valid oleh dosen validator ahli media dan ahli materi, dilanjutkan dengan uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKPD berbasis augemented reality yang dikembangkan dengan model problem based learning telah memperoleh penilaian validitas yang tinggi. Penilaian dilakukan oleh ahli media dengan persentase sebesar 90,3% dan oleh ahli materi sebesar 91,5%, kedua kriteria tersebut memperoleh kategori sangat valid, (2) LKPD berbasis augemented reality yang dikembangkan dengan model problem based learning telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase dari angket kepraktisan untuk guru sebesar 86,7% dan angket respon siswa sebesar 80,32%, dengan kategori sangat praktis, (3) LKPD berbasis augemented reality yang dikembangkan dengan model problem based learning telah memenuhi kriteria efektif yang ditentukan dari (a) ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 90%; (b) ketercapaian ketuntasan indikator yang dirumuskan sebesar 87,1%; (c) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah belajar menggunakan LKPD mengalami peningkatan sebesar 32,6 dan ditinjau dari nilai n-gain peningkatan berada pada kategori sedang dengan rata-rata 0,58; (d) pembelajaran dengan menggunakan LKPD memperoleh respon positif dengan persentase sebesar 82,9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD, augmented reality, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, kubus dan balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 07:51 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59353 |