PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS X

Sibarani, Henry M. (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111140_Cover.pdf] Text
4203111140_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4203111140_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111140_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4203111140_Abstrak.pdf] Text
4203111140_Abstrak.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 4203111140_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111140_Kata_Pengantar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 4203111140_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111140_Daftar_Isi.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4203111140_BAB_I.pdf] Text
4203111140_BAB_I.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 4203111140_BAB_V.pdf] Text
4203111140_BAB_V.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4203111140_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111140_Daftar_Pustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dengan berbantuan video animasi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sumbul dengan melibatkan 36 siswa kelas X-G sebagai subjek penelitian. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah-langkah yaitu, memberikan tes awal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dilakukan tindakan, mengidentifikasi permasalahan di dalam kelas, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan yaitu menerapkan model pembelajaran TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Berbantuan video animasi sebagai media untuk menyampaikan rangkuman materi pembelajaran, obervasi, pemberian post test, analisis data, dan refleksi data. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus mencakup dua pertemuan, adapun kegiatan observasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan dengan tujuan mengamati aktivitas peneliti dan siswa saat kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan penelitian siklus pertama, rata-rata nilai siswa dari hasil pretest ke hasil posttest siklus pertama meningkat dari 52,56 menjadi 72.94 dengan rata-rata observasi aktivitas siswa dan peneliti yaitu 2,38 dan 2,38. Pada siklus kedua, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat berdasarkan rata-rata nilai siswa pada posttest II, yaitu 84,62, hasil observasi pada siklus kedua juga meningkat lebih baik menjadi 3,23 untuk aktivitas siswa dan 3,44 untuk kemampuan peneliti dalam mengelola kelas, selain itu 34 dari 36 siswa (94%) memperoleh nilai diatas KKM (70). Hasil ini menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran TAPPS (Think Aloud Pair Problem Solving) Berbantuan video animasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.712 Sib p
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Pembelajaran TAPPS; Video animasi; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:36
Last Modified: 26 May 2025 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59349

Actions (login required)

View Item
View Item