Boangmanalu, Eka Putra Dairi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN KELAS XI DI SMK GKPS 2 P. SIANTAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5112121002 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 5112121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
3. NIM 5112121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM 5112121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM 5112121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM 5112121002 TABLES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. NIM 5112121002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 5112121002 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM 5112121002 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
13. NIM 5112121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
14. NIM 5112121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan frais dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK GKPS 2 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan juga memberikan tes berupa pretest dan postest yang berjumlah 10 soal pilihan berganda pada setiap siklusnya. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah hasil belajar, aktivitas siswa dan guru . Hasil belajar dapat diketahui dengan memberikan pretest sebelum memulai pembelajaran dan postest kemudian memberi penugasan dalam bentuk proyek. Proyek yang dilaksanakan di siklus I ialah membuat makalah, sedangkan untuk proyek pada siklus II yaitu membuat benda kerja yang dikerjakan di workshop. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 60, tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 37,88%. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 72,68 tingkat ketuntasan klasikal siswa rata-rata 75,53%. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik pemesinan frais program keahlian teknik pemesinan kelas XI di SMK GKPS 2 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 003 |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 08:37 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5934 |