Sinaga, Elena Putri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202411011_Cover.pdf
Download (234kB)
4202411011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (785kB)
4202411011_Abstrak.pdf
Download (423kB)
4202411011_Kata_Pengantar.pdf
Download (648kB)
4202411011_Daftar_Isi.pdf
Download (432kB)
4202411011_BAB_I.pdf
Download (471kB)
4202411011_BAB_V.pdf
Download (352kB)
4202411011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (456kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan demi mengembangkan video pembelajaran
matematika pada materi statistika guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang meliputi lima tahap:
analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Sampel penelitian ini
melibatkan 27 siswa kelas VIII-1 di SMP Swasta Pertiwi Medan. Data dikumpulkan
melalui studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak
digunakan sebagai media pembelajaran matematika, didukung oleh validasi ahli
media dengan skor 4,4% (valid) dan validasi ahli materi dengan skor 4,34% (valid).
Selain itu, video tersebut mendapatkan penilaian 87,08% dari praktisi pembelajaran,
dengan kriteria "sangat praktis". Untuk keefektifan, respon siswa menunjukkan
persentase 99,63% dalam kategori "sangat efektif". Oleh karena itu, video
pembelajaran matematika tentang materi statistika yang dikembangkan memenuhi
kriteria valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa
dalam matematika. Kemudian untuk peningkatan motivasi siswa diperoleh
peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelumnya hanya 44,07% menjadi 99,63%
dengan peningkatan motivasi belajar sebesar 55,56%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penelitian Pengembangan, Video Pembelajaran Matematika, Statistika, Motivasi Belajar Matematika, Model ADDIE. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:06 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59325 |