PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII

Sinaga, Elena Putri (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202411011_Cover.pdf] Text
4202411011_Cover.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4202411011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202411011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of 4202411011_Abstrak.pdf] Text
4202411011_Abstrak.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 4202411011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202411011_Kata_Pengantar.pdf

Download (648kB)
[thumbnail of 4202411011_Daftar_Isi.pdf] Text
4202411011_Daftar_Isi.pdf

Download (432kB)
[thumbnail of 4202411011_BAB_I.pdf] Text
4202411011_BAB_I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 4202411011_BAB_V.pdf] Text
4202411011_BAB_V.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 4202411011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202411011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (456kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan demi mengembangkan video pembelajaran
matematika pada materi statistika guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode
pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yang meliputi lima tahap:
analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Sampel penelitian ini
melibatkan 27 siswa kelas VIII-1 di SMP Swasta Pertiwi Medan. Data dikumpulkan
melalui studi literatur, observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan layak
digunakan sebagai media pembelajaran matematika, didukung oleh validasi ahli
media dengan skor 4,4% (valid) dan validasi ahli materi dengan skor 4,34% (valid).
Selain itu, video tersebut mendapatkan penilaian 87,08% dari praktisi pembelajaran,
dengan kriteria "sangat praktis". Untuk keefektifan, respon siswa menunjukkan
persentase 99,63% dalam kategori "sangat efektif". Oleh karena itu, video
pembelajaran matematika tentang materi statistika yang dikembangkan memenuhi
kriteria valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa
dalam matematika. Kemudian untuk peningkatan motivasi siswa diperoleh
peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelumnya hanya 44,07% menjadi 99,63%
dengan peningkatan motivasi belajar sebesar 55,56%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penelitian Pengembangan, Video Pembelajaran Matematika, Statistika, Motivasi Belajar Matematika, Model ADDIE.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:06
Last Modified: 31 Jan 2025 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59325

Actions (login required)

View Item
View Item