Saragih, Bertha Marlini (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4202411015_Cover.pdf
Download (190kB)
4202411015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (563kB)
4202411015_Abstrak.pdf
Download (11kB)
4202411015_Kata_Pengantar.pdf
Download (137kB)
4202411015_Daftar_Isi.pdf
Download (438kB)
4202411015_BAB_I.pdf
Download (309kB)
4202411015_BAB_V.pdf
Download (127kB)
4202411015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (262kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning dengan bantuan canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII UPT SMP N 37 Medan sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,25 dan validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan rata-rata 4,24 termasuk dalam kriteria valid; 2)LKPD berbasis PBL dinyatakan praktis, dengan rata-rata hasil angket respon siswa 3,51 dan rata-rata hasil angket respon guru 3,6 tergolong dalam kategori praktis; 3)LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan dari hasil pretest ke hasil posttest sebesar 27,41; 4)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilihat berdasarkan n gain, diperoleh skor sebesar 0,66 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 02:58 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 02:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59312 |