PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Saragih, Bertha Marlini (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202411015_Cover.pdf] Text
4202411015_Cover.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 4202411015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202411015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 4202411015_Abstrak.pdf] Text
4202411015_Abstrak.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4202411015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202411015_Kata_Pengantar.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 4202411015_Daftar_Isi.pdf] Text
4202411015_Daftar_Isi.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 4202411015_BAB_I.pdf] Text
4202411015_BAB_I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 4202411015_BAB_V.pdf] Text
4202411015_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4202411015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202411015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Problem Based Learning dengan bantuan canva untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII UPT SMP N 37 Medan sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor rata-rata 4,25 dan validasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan rata-rata 4,24 termasuk dalam kriteria valid; 2)LKPD berbasis PBL dinyatakan praktis, dengan rata-rata hasil angket respon siswa 3,51 dan rata-rata hasil angket respon guru 3,6 tergolong dalam kategori praktis; 3)LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan efektif dengan rata-rata peningkatan dari hasil pretest ke hasil posttest sebesar 27,41; 4)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dilihat berdasarkan n gain, diperoleh skor sebesar 0,66 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:58
Last Modified: 31 Jan 2025 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59312

Actions (login required)

View Item
View Item