Pane, Anisya Wahyuni Sucitra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183111046_Cover.pdf
Download (12kB)
4183111046_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (510kB)
4183111046_Abstrak.pdf
Download (120kB)
4183111046_Kata_Pengantar.pdf
Download (127kB)
4183111046_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
4183111046_BAB_I.pdf
Download (321kB)
4183111046_BAB_V.pdf
Download (116kB)
4183111046_Daftar_Pustaka.pdf
Download (341kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media interaktif berbasis android berbantuan Articulate Storyline yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA pada materi transformasi geometri menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pengembangan Media Interaktif ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Adapun model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap yaitu, 1) Pendefenisian (Define),2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi media interaktif, lembar validasi materi media interaktif, tes kemampuan penalaran matematis, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil validitas oleh validator media diperoleh rata – rata berjumlah 94,2% dengan kriteria sangat valid. Hasil validitas oleh validator materi diperoleh rata – rata berjumlah 93,75%. Selanjutnya media interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kategori kepraktisan melalui hasil angket respon guru yang menunjukkan persentase sebesar 86%, dan hasil angket respon siswa menunjuk- kan persentase sebesar 83%. Hasil angket guru dan siswa berada dalam kategori sangat praktis; Media interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa dari total 30 siswa dan persentasenya sebesar 88%; b) Uji N-gain menunjukkan bahwa kemam- puan penalaran matematis siswa meningkat setelah melakukan pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis android berbantuan Articulate Storyline yang dikembangkan dengan peningkatan sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Inteaktif, Articulate Storyline, model pembelajaran PBLkemampuan penalaran matematis siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 02:11 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59301 |