PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Pane, Anisya Wahyuni Sucitra (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183111046_Cover.pdf] Text
4183111046_Cover.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4183111046_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111046_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (510kB)
[thumbnail of 4183111046_Abstrak.pdf] Text
4183111046_Abstrak.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4183111046_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111046_Kata_Pengantar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4183111046_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111046_Daftar_Isi.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4183111046_BAB_I.pdf] Text
4183111046_BAB_I.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4183111046_BAB_V.pdf] Text
4183111046_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4183111046_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111046_Daftar_Pustaka.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media interaktif berbasis android berbantuan Articulate Storyline yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas XI SMA pada materi transformasi geometri menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pengembangan Media Interaktif ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Adapun model pengembangan 4-D terdiri atas 4 tahap yaitu, 1) Pendefenisian (Define),2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi media interaktif, lembar validasi materi media interaktif, tes kemampuan penalaran matematis, angket respon guru dan angket respon siswa. Hasil validitas oleh validator media diperoleh rata – rata berjumlah 94,2% dengan kriteria sangat valid. Hasil validitas oleh validator materi diperoleh rata – rata berjumlah 93,75%. Selanjutnya media interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kategori kepraktisan melalui hasil angket respon guru yang menunjukkan persentase sebesar 86%, dan hasil angket respon siswa menunjuk- kan persentase sebesar 83%. Hasil angket guru dan siswa berada dalam kategori sangat praktis; Media interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa dari total 30 siswa dan persentasenya sebesar 88%; b) Uji N-gain menunjukkan bahwa kemam- puan penalaran matematis siswa meningkat setelah melakukan pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis android berbantuan Articulate Storyline yang dikembangkan dengan peningkatan sebesar 0,71 yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Inteaktif, Articulate Storyline, model pembelajaran PBLkemampuan penalaran matematis siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 02:11
Last Modified: 31 Jan 2025 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59301

Actions (login required)

View Item
View Item