PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN

Hutagalung, Andika Firman Salomo (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111084_Cover.pdf] Text
4203111084_Cover.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4203111084_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111084_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of 4203111084_Abstrak.pdf] Text
4203111084_Abstrak.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4203111084_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111084_Kata_Pengantar.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4203111084_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111084_Daftar_Isi.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 4203111084_BAB_I.pdf] Text
4203111084_BAB_I.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 4203111084_BAB_V.pdf] Text
4203111084_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203111084_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111084_Daftar_Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 15 Medan. Penelitian ini termasuk dalam kategori quasi experimental (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan dengan dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas VII – 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII – 7 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sedangkan kelas kontrol tidak mendapat perlakuan akan tetapi tetap menerapkan model pembelajaran konvensional yang biasa diterapkan oleh guru tersebut. Instrumen tes yang digunakan berupa soal pretest dan posttest berjumlah 5 soal uraian yang mencakup indikator kemampuan koneksi matematis dan telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan data posttest, kelas eksperimen memperoleh rata – rata 82,44, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata – rata sebesar 45,63. Hasil uji asumsi klasik terbukti bahwa data berdistribusi normal dan varians datanya homogen sehingga dapat dilakukan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T – Test diperoleh nilai sig (1 – tailed) yaitu sebesar 0,000, dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05. Untuk memperkuat hasil uji maka dilakukan uji t satu pihak secara manual yang menunjukkan nilai thitung > ttabel (12,128 > 1,699) dengan taraf �=0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Negeri 15 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Kemampuan Koneksi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:47
Last Modified: 30 Jan 2025 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59297

Actions (login required)

View Item
View Item