PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP SWASTA AL-FADHLI MEDAN

Andika, Yusrizal (2024) PENGARUH MODEL BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP SWASTA AL-FADHLI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203311035_Cover.pdf] Text
4203311035_Cover.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4203311035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203311035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 4203311035_Abstrak.pdf] Text
4203311035_Abstrak.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4203311035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203311035_Kata_Pengantar.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4203311035_Daftar_Isi.pdf] Text
4203311035_Daftar_Isi.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of 4203311035_BAB_I.pdf] Text
4203311035_BAB_I.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 4203311035_BAB_V.pdf] Text
4203311035_BAB_V.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4203311035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203311035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (375kB)

Abstract

Brain based learning mempunyai beberapa tahapan seperti pra-pemaparan, persiapan, inisiasi dan akuisisi, elaborasi, inkubasi dan memasukkan memori, serta verifikasi dan pengecekan keyakinan. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis ialah memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, menyelesaiakan masalah, dan memeriksa kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari pengaruh model brain based learning dan model pembelajaran konvensional yang diajarkan kepada siswa SMP Swasta Al-Fadhli Medan dan untuk mengetahui ketuntasan klasikal siswa yang diajarkan dengan model brain based learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dengan cluster sampling. Hasil penelitian berdasarkan post-test didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 85,66 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 80,28. Berdasarkan ketuntasan klasikal didapat nilai kelas ekperimen sebesar 96,15 dengan 25 siswa yang tuntas KKM dan nilai kelas kontrol sebesar 80,76 dengan 21 siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa model brain based learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Brain Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:01
Last Modified: 30 Jan 2025 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59287

Actions (login required)

View Item
View Item