Silalahi., Trisno (2016) UPAYA MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA TEKNIK PEMESINAN KELAS X SMK N. 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5112121010 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 5112121010 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM 5112121010 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 5112121010 KATA PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM 5112121010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
6. NIM 5112121010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 5112121010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 5112121010 LIST OF APPENDIXES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. NIM 5112121010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
13. NIM 5112121010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM 5112121010 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar mekanika teknik siswa kelas X TP SMK N 1 Balige dengan menerapkan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek pada penelitian ini adalah menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) sedangkan subjeknya adalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) meningkat dari pada aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pemebelajaran konvensional. Pada data awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 54,71 dan jumlah persentase keberhasilan klasikal hanya mencapai 20,0%. Pada tindakan siklus I dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) diperoleh nilai rata-rata kelas 65,71 dan persentase keberhasilan klasikal 48,57% dan nilai observasi aktivitas guru 2,7 dan observasi aktivitas siswa 66,07%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat lagi yaitu 73,14. Jumlah persentase keberhasilan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 82,85% dan nilai observasi aktivitas guru 3,9 dan nilai observasi aktivitas siswa semakin meningkat juga hingga mencapai 96,42%. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mekanika teknik siswa kelas X TP SMK N 1 Balige tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 001 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW); Hasil Belajar;Mekanika Teknik Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 06:47 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5924 |