PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKANMEDIAPETAPIKIRAN(MINDMAP)PADAMATERI PROTISTA MIRIP HEWAN (PROTOZOA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 13 MEDAN TP. 2022/2023

Nainggolan, Ernawati (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKANMEDIAPETAPIKIRAN(MINDMAP)PADAMATERI PROTISTA MIRIP HEWAN (PROTOZOA) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 13 MEDAN TP. 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183141071_Cover.pdf] Text
4183141071_Cover.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of 4183141071_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183141071_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141071_Abstrak.pdf] Text
4183141071_Abstrak.pdf

Download (791kB)
[thumbnail of 4183141071_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183141071_Kata_Pengantar.pdf

Download (986kB)
[thumbnail of 4183141071_Daftar_Isi.pdf] Text
4183141071_Daftar_Isi.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of 4183141071_BAB_I.pdf] Text
4183141071_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183141071_BAB_V.pdf] Text
4183141071_BAB_V.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of 4183141071_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183141071_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media peta pikiran (mind map) pada materi protista mirip hewan (protozoa) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Negeri 13 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMA Negeri 13 Medan yang berjumlah 287 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yakni siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa soal pilihan berganda dengan materi protista mirip hewan (protozoa) yang divalidasi oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan pada kelas eksperimen I dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen II dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media peta pikiran (mind map) pada materi protista mirip hewan (protozoa) kelas X IPA di SMA Negeri 13 Medan. Nilai rata-rata hasil posttest siswa SMA Negeri 13 Medan yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media peta pikiran (mind map) lebih tinggi yaitu 80,64 jika dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil posttest siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) yaitu 70,68.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Peta Pikiran (Mind Map), Protista Mirip Hewan (Protozoa), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:53
Last Modified: 24 Jan 2025 07:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59237

Actions (login required)

View Item
View Item