IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2023/2024

Siahaan, Ester Lidya Monalisa (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141011_Cover.pdf] Text
4193141011_Cover.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4193141011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of 4193141011_Abstrak.pdf] Text
4193141011_Abstrak.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4193141011_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141011_Kata_Pengantar.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4193141011_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141011_Daftar_Isi.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4193141011_BAB_I.pdf] Text
4193141011_BAB_I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4193141011_BAB_V.pdf] Text
4193141011_BAB_V.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4193141011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan kemampuan daya ingat siswa melalui implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem peredaran darah di kelas XI IPA 8 SMA Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design dan kelas sampel yaitu kelas XI IPA 8 yang berjumlah 36 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pilihan berganda sebanyak 25 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukarannya untuk kemudian digunakan dalam 4 kali tes yaitu pada pretest, posttest, retest 1 dan retest 2. Setelah dilaksanakan penelitian dalam rentang waktu 2 minggu sebanyak 4 kali pertemuan didapatkan beberapa hasil yaitu berdasarkan hasil uji N-Gain ditemukan peningkatan hasil belajar secara kognitif sebesar 0,64 berkategori sedang, ditinjau dari ketuntasan hasil belajar sebanyak 88,89% atau 32 siswa memperoleh nilai tuntas dan secara klasikal kelas dinyatakan tuntas, ditinjau dari ketercapaian indikator pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 82,86% hal ini menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian indikator pembelajaran siswa pada materi sistem peredaran darah menggunakan model pembelajaran PjBL telah terpenuhi,selain itu ditemukan pula hasil yang baik pada persentase kemampuan daya ingat siswa yaitu didapatkan rata-rata sebesar 94,05 pada retest 1 dan 90,93 pada retest 2 dengan kategori tinggi. Berlandaskan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PjBL membantu siswa meningkatkan hasil belajar dan kemampuan daya ingatnya pada materi sistem peredaran darah di kelas XI IPA 8 SMA Negeri 5 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Daya Ingat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:47
Last Modified: 24 Jan 2025 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59236

Actions (login required)

View Item
View Item