PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM PADA MATERI VIRUS DI KELAS X IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Pramuditiya, Gita Siwi Prima (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS STEM PADA MATERI VIRUS DI KELAS X IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173341029_Cover.pdf] Text
4173341029_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4173341029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173341029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4173341029_Abstrak.pdf] Text
4173341029_Abstrak.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 4173341029_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173341029_Kata_Pengantar.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of 4173341029_Daftar_Isi.pdf] Text
4173341029_Daftar_Isi.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4173341029_BAB_I.pdf] Text
4173341029_BAB_I.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4173341029_BAB_V.pdf] Text
4173341029_BAB_V.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4173341029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173341029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dang menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Virus. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru Biologi dan siswa kelas X-1 Madrasah Aliyah Negeri Sidikalang. Pengumpulan data menggunakan insterumen berupa lembar tanggapan. Analisis data menngunakan analisis deskriptif, kuantitatif, dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis STEM ini menggunakan model 4D, yaitu melalui tahap Define, Design, Development, and Dessiminate. Hasil penelitian menunjukkan perancangan LKPD berbasis STEM berdasarkan hasil penilaian ahli materi memperoleh presentase sebesar 80,1% dengan kriteria layak, penilaian ahli pembelajaran memperoleh presentase sebesar 90,0% dengan kriteria sangat layak, penilaian ahli desain memperoleh presentase sebesar 90,9% dengan kriteria sangat layak. Hasil dari penggunaan LKPD berbasis STEM memperoleh presentase 82,3% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 27 orang dan ketuntasan belajar klasikal diperoleh presentase sebesar 90%. LKPD berbasis STEM pada materi Virus yang sudah dirancang memperoleh kriteria penilaian “sangat tinggi” dan telah memenuhi syarat efektif digunakan dalam pembelajaran serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi Virus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 579.2 Pra p
Keywords: Virus; Lembar kerja peserta didik; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QR Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:42
Last Modified: 08 May 2025 06:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59235

Actions (login required)

View Item
View Item