ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI FUNGI DI SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN SINAR HUSNI T.P 2023/2024

Aqwa, Mhd Ajwadi (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI FUNGI DI SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN SINAR HUSNI T.P 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203141024_Cover.pdf] Text
4203141024_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203141024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203141024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 4203141024_Abstrak.pdf] Text
4203141024_Abstrak.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of 4203141024_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203141024_Kata_Pengantar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4203141024_Daftar_Isi.pdf] Text
4203141024_Daftar_Isi.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4203141024_BAB_I.pdf] Text
4203141024_BAB_I.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4203141024_BAB_V.pdf] Text
4203141024_BAB_V.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4203141024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203141024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains materi fungi siswa SMA. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 51 siswa dari 2 kelas. Sampel yang digunakan untuk penelitian diambil dengan menggunakan total sampling sebanyak 51 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan rumus deskriptif persentase. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan tes literasi sains berbentuk soal essay berjumlah 10 soal. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada aspek kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah diperoleh persentase sebesar 32% dengan kriteria kurang baik. Aspek kompetensi mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah diperoleh persentase sebesar 17,4% dengan kriteria tidak baik. Aspek kompetensi menafsirkan data dan bukti secara ilmiah diperoleh persentase sebesar 15,9% dengan kriteria tidak baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Jamur, Kemampuan Literasi Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:30
Last Modified: 24 Jan 2025 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59233

Actions (login required)

View Item
View Item