Darma, Arfian (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PENGELASAN YANG DIAJAR DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRAKTIK TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5111521001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. NIM 5111521001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
03. NIM 5111521001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
04. NIM 5111521001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
05. NIM 5111521001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
06. NIM 5111521001 TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
07. NIM 5111521001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
08. NIM 5111521001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
09. NIM 5111521001 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM 5111521001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM 5111521001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengelasan kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Praktik terbimbing dengan Direct instruction pada mata pelajaran pengelasan materi belajar teknik pengelasan dengan busur manual kelas XI-TPM. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Nopember 2015. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-TPM di SMK Negeri 2 Kisaran yang terdiri dari 2 kelas. Dengan teknik random sampling terpilih 2 kelas sebagai kelas Praktik terbimbing dan kelas Direct instruction dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 66 siswa. Kelas Praktik terbimbing diberi perlakuan strategi pembelajaran Praktik terbimbing dan kelas Direct instruction diberi perlakuan strategi Pembelajaran direct instruction . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes objektif dan observasi teknik pengelasan dengan busur manual.Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, Strategi pembelajaran Praktik terbimbing dan direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata 85,49 pada kelas Praktik terbimbing dan 82,85 pada kelas Direct instruction. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah dilakukan uji ‘t’ diperoleh nilai thitung sebesar 2,06 dan ttabel sebesar 1,67 atau thitung > ttabel. Dapat disimpulkan Ha diterima dan menolak Ho, menyatakan Hasil belajar pengelasan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran praktik terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran direct Instruction siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kisaran T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 017 |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Praktik Terbimbing; Strategi Pembelajaran Direct Instruction; Hasil Belajar; Pengelasan Dengan Busur Manual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 05:27 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 05:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5923 |