AFNI, RISKI MAULIDAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BERBANTUAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH SWASTA TAHFIZIL QUR’AN YAYASAN ISLAMIC CENTRE SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4171121029_Cover.pdf
Download (228kB)
4171121029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (452kB)
4171121029_Abstrak.pdf
Download (226kB)
4171121029_Kata_Pengantar.pdf
Download (643kB)
4171121029_Daftar_Isi.pdf
Download (140kB)
4171121029_BAB_I.pdf
Download (546kB)
4171121029_BAB_V.pdf
Download (121kB)
4171121029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (240kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kelayakan produk media (2) mengetahui efektivitas penggunaan media berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model pengembangan 4D meliputi tahapan (define, design, dan development). Produk media yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen fisika dan 1 orang guru fisika. Rata-rata hasil validasi media berbantuan Articulate Storyline 3 yang telah dikembangkan dari ahli media dengan persentase 89.6%, ahli materi 97% dengan masing-masing persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Penilaian persentase respon siswa terhadap media berbantuan Articulate Storyline 3 yang telah dikembangkan sebesar 94.7% dengan kriteria respon tinggi. Penggunaan media berbantuan Articulate Storyline 3 pada materi usaha dan energi diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 0.7 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa efektivitas penggunaan media berbantuan Articulate Storyline 3 yang dikembangkan dalam proses pembelajaran dapat dinilai efektif, karena terdapat peningkatan kemampuan kognitif siswa dibandingkan sebelum menggunakan media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media, Articulate Storyline 3, Usaha dan Energi, 4D |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:46 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59224 |