Irfan, Muhammad (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK MESIN YANG DI AJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN MULTISENSORI PADA SISWA KELAS X SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113321026 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 5113321026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
3. NIM. 5113321026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 5113321026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
5. NIM. 5113321026 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
6. NIM. 5113321026 TABLES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7. NIM. 5113321026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
8. NIM. 5113321026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
12. NIM. 5113321026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
13. NIM. 5113321026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggambar teknik khususnya mengenal jenis gambar proyeksi kelas X Teknik Pemesinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran menggabar teknik mesin kelas X TP-A ; 2) Hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Multisensori pada mata pelajaran menggambar teknik mesin kelas X TP-C ; 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TGT dengan Multisensori pada mata pelajaran menggambar teknik mesin kelas X TP. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Desember 2015. Lokasi penelitian di SMK N 1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-TP di SMK N 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen1 dan kelas eksperimen2 dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 68 siswa. Kelas eksperimen1 diberi perlakuan model pembelajaran TGT dan kelas eksperimen2 diberi perlakuan model pembelajaran Multisensori. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes objektif menggambar teknik mesin. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis kesamaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran TGT dan Multisensori dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan nilai rata-rata 73,16 pada kelas eksperimen1 dan 81,88 pada kelas eksperimen2. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Setelah dilakukan uji ‘t’ diperoleh nilai thitung sebesar 2,37 dan ttabel sebesar 1,66 atau thitung < ttabel. Dapat disimpulkan Ho ditolak dan menerima Ha, menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar menggambar teknik mesin yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran TGT dan model pembelajaran Multisensori pada siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK N 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 019 |
Keywords: | Model Pembelajaran TGT; Model Pembelajaran Multisensori; Hasil Belajar; Menggambar Teknik Mesin. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 05:14 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5922 |