PENGEMBANGAN VIDEO EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK DI SMA

Sidabutar, Debora Uli (2024) PENGEMBANGAN VIDEO EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182121023_Cover.pdf] Text
4182121023_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4182121023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182121023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4182121023_Abstrak.pdf] Text
4182121023_Abstrak.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of 4182121023_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182121023_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4182121023_Daftar_Isi.pdf] Text
4182121023_Daftar_Isi.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of 4182121023_BAB_I.pdf] Text
4182121023_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4182121023_BAB_V.pdf] Text
4182121023_BAB_V.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of 4182121023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182121023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas video eksperimen berbasis saintifik pada materi Induksi Elektromagnetik yang telah dikembangkan, mengetahui tingkat kepraktisan video eksperimen berbasis saintifik pada materi Induksi Elektromagnetik yang telah dikembangkan, mengetahui tingkat keefektifan media video eksperimen berbasis saintifik pada materi Induksi Elektromagnetik yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 1 SMA N 1 Silahisabungan yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan tahapan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon peserta didik terhadap media video eksperimen berbasis saintifik, dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil dari penelitian telah dihasilkan video berbasis saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentase 92,3% dan ahli media 86,7 %. Tingkat kepraktisan media video eksperimen berbasis saintifik yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon dari salah satu guru bidang studi memperoleh persentase sebesar 90% Respon peserta didik pada uji coba terbatas dengan melibatkan 10 responden dengan presentasi 83,75% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 30 responden memperoleh presentasi sebesar 86,5% dengan kriteria sangat praktis. Tingkat keefektifan media video eksperimen berbasis saintifik pada materi Induksi Elektromagnetik di SMA yang telah dikembangkan termasuk kategori efektif. Hal ini berdasarkan hasil rata-rata N-gain sebesar 0,76.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Video, Eksperimen, Saintifik, Induksi Elektromagnetik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:15
Last Modified: 24 Jan 2025 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59216

Actions (login required)

View Item
View Item