EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN

Siregar, Azzahra (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203151042_Cover.pdf] Text
4203151042_Cover.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 4203151042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203151042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4203151042_Abstrak.pdf] Text
4203151042_Abstrak.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4203151042_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203151042_Kata_Pengantar.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 4203151042_Daftar_Isi.pdf] Text
4203151042_Daftar_Isi.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4203151042_BAB_I.pdf] Text
4203151042_BAB_I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4203151042_BAB_V.pdf] Text
4203151042_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 4203151042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203151042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (238kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yang diperoleh secara random sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental (one group pretest-posttest). Sumber data diperoleh dari prestasi belajar siswa melalui soal tes berupa pilihan berganda sebanyak 40 soal. Prestasi belajar yang didapat dari rata-rata pretest siswa yaitu sebesar 37 dan rata-rata posttest siswa sebesar 91,53. Tingkat penguasaan materi siswa diperoleh 24 siswa dalam kategori sangat tinggi dan 8 siswa dalam kategori tinggi, dengan perolehan skor rata-rata tingkat penguasaan materi siswa sebesar 91,53% termasuk kategori sangat tinggi, untuk tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 100% siswa termasuk kategori tuntas, dan untuk tingkat ketercapaian indikator dari indikator 1 sampai indikator 10 dengan rata-rata 90,78% termasuk kategori tercapai. Perhitungan g Faktor (N-Gain) sebesar 86,49% menunjukkan pada kategori tinggi yang artinya efektif, dan dilihat dari hasil perhitungan diketahui bahwa kriteria efektivitas model pembelajaran Discovery Learning semuanya telah tercapai sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning efektif digunakan pada materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.2 Sir e
Keywords: Discovery learning; Prestasi belajar; Sistem pernapasan manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:06
Last Modified: 28 Apr 2025 06:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59201

Actions (login required)

View Item
View Item