Nuh, Abu Bakar (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA DIKLAT ALAT UKUR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5112121001 COPER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5112121001 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
3. NIM. 5112121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4. NIM. 5112121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 5112121004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 5112121001 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 5112121001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
8. NIM. 5112121001 LIST OF APPENDDEXES.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM. 5112121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
13. NIM. 5112121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM. 5112121001 REFRENCES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Pada mata diklat alat ukur kompetensi dasar memelihara peralatan pembanding dan pengukuran dasar siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) galang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik pemesinan SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) galang sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil siswa menggunakan alat ukur pada kompetensi dasar memelihara peralatan pembanding dan/atau pengukuran dasar pada pokok bahasan penyetelan/pengukuran dan pemeliharan jangka sorong dan mikrometer sesuai dengan prosedur operasi standar. Sebelum dilaksanakan tindakan pada siklus I, Siswa terlebih dahulu diberikan soal pretest untuk melihat kemampuan awal siswa. Pada siklus I Nilai rata – rata siswa 76,69 dengan ketuntasan klasikal 66,66% dan setelah dilakukannya perbaikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada Siklus II diperoleh Nilai rata – rata siswa menjadi 84,43 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat alat ukur kompetensi dasar memelihara peralatan pembanding dan pengukuran dasar dari nilai tahun sebelumnya dengan rata rata nilai hasil belajar 70,03, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I, rata – rata nilai Hasil Belajar menjadi 76,69 dengan ketuntasan kelasikal 66,66% , dan pada siklus II rata – rata hasil belajar Siswa meningkat menjadi 84,43 dengan ketuntasan kelasikal 86,67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 037 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 05:00 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 05:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5920 |