PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Zebua, Rut Agustini (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183151030_Cover.pdf] Text
4183151030_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4183151030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183151030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183151030_Abstrak.pdf] Text
4183151030_Abstrak.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4183151030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183151030_Kata_Pengantar.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4183151030_Daftar_Isi.pdf] Text
4183151030_Daftar_Isi.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 4183151030_BAB_I.pdf] Text
4183151030_BAB_I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4183151030_BAB_V.pdf] Text
4183151030_BAB_V.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4183151030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183151030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada
materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri
35 Medan. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling
dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu VIII-5 sebagai kelas eksperimen
(menggunakan model Problem Based Learning) dan VIII-4 sebagai kelas kontrol
(menggunakan model direct instruction). Instrumen yang digunakan terdiri dari
instrumen tes dengan jumlah 20 soal (telah divalidasi) dan lembar observasi
aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain
pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 68,29% dan pada kelas kontrol
sebesar 51,84%, sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar
78,53 dan pada kelas kontrol sebesar 76,59. Berdasarkan perhitungan uji-t
menunjukkan terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar dan aktiviras
belajar siswa. Terdapat pula korelasi antara aktivitas belajar dengan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning. Kontribusi aktivitas
belajar siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 17,21% sedangkan 82,79%
disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning, Hasil belajar, Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:43
Last Modified: 23 Jan 2025 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59198

Actions (login required)

View Item
View Item