Zebua, Rut Agustini (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4183151030_Cover.pdf
Download (191kB)
4183151030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4183151030_Abstrak.pdf
Download (78kB)
4183151030_Kata_Pengantar.pdf
Download (106kB)
4183151030_Daftar_Isi.pdf
Download (67kB)
4183151030_BAB_I.pdf
Download (126kB)
4183151030_BAB_V.pdf
Download (104kB)
4183151030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (108kB)
Abstract
Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada
materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri
35 Medan. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling
dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu VIII-5 sebagai kelas eksperimen
(menggunakan model Problem Based Learning) dan VIII-4 sebagai kelas kontrol
(menggunakan model direct instruction). Instrumen yang digunakan terdiri dari
instrumen tes dengan jumlah 20 soal (telah divalidasi) dan lembar observasi
aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain
pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 68,29% dan pada kelas kontrol
sebesar 51,84%, sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar
78,53 dan pada kelas kontrol sebesar 76,59. Berdasarkan perhitungan uji-t
menunjukkan terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar dan aktiviras
belajar siswa. Terdapat pula korelasi antara aktivitas belajar dengan hasil belajar
siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning. Kontribusi aktivitas
belajar siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 17,21% sedangkan 82,79%
disebabkan oleh faktor-faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Hasil belajar, Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 08:43 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59198 |