PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA

Zebua, Rut Agustini (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183151030_Cover.pdf] Text
4183151030_Cover.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4183151030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183151030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4183151030_Abstrak.pdf] Text
4183151030_Abstrak.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4183151030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183151030_Kata_Pengantar.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4183151030_Daftar_Isi.pdf] Text
4183151030_Daftar_Isi.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 4183151030_BAB_I.pdf] Text
4183151030_BAB_I.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4183151030_BAB_V.pdf] Text
4183151030_BAB_V.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4183151030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183151030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 35 Medan. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan mengambil 2 kelas secara acak yaitu VIII-5 sebagai kelas eksperimen (menggunakan model Problem Based Learning) dan VIII-4 sebagai kelas kontrol (menggunakan model direct instruction). Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dengan jumlah 20 soal (telah divalidasi) dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-Gain pada hasil belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 68,29% dan pada kelas kontrol sebesar 51,84%, sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 78,53 dan pada kelas kontrol sebesar 76,59. Berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Terdapat pula korelasi antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning. Kontribusi aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa sebesar 17,21% sedangkan 82,79% disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.1 Zeb p
Keywords: Problem based learning; Sistem peredaran darah; Hasil belajar; Aktivitas belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 08:43
Last Modified: 30 Apr 2025 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59198

Actions (login required)

View Item
View Item