PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA

Sembiring, Niki Arih Ersada Br (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131074_Cover.pdf] Text
4203131074_Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4203131074_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131074_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 4203131074_Abstrak.pdf] Text
4203131074_Abstrak.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of 4203131074_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131074_Kata_Pengantar.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 4203131074_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131074_Daftar_Isi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4203131074_BAB_I.pdf] Text
4203131074_BAB_I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4203131074_BAB_V.pdf] Text
4203131074_BAB_V.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of 4203131074_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131074_Daftar_Pustaka.pdf

Download (366kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan
keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model Project Based
Learning dan Discovery Learning pada materi asam basa, serta korelasi antara
keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random
sampling sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI
MIPA 3 sebagai kelas eksperimen II, dimana masing-masing kelas diambil 29
orang siswa berdasarkan kesamaan hasil pretest. Instrumen yang digunakan yaitu
instrumen tes berupa soal pilihan berganda dan essai serta instrumen non tes
berupa lembar observasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
program computer SPSS Statistic version 24 for Windows menggunakan
Independent Sample T-Test dan Bivariate Pearson Correlation. Untuk hipotesis I
diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,008 (0,05) sehingga Ha diterima, yang berarti
terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Project
Based Learning dan Discovery Learning pada materi asam basa. Untuk hipotesis
II diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,010 dan 0,011 (0,05) sehingga Ha diterima,
yang berarti terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan
dengan model Project Based Learning dan Discovery Learning pada materi asam
basa. Untuk hipotesis III dan IV diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 dan
0,001 (0,05) sehingga Ha diterima, yang berarti terdapat korelasi antara
keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan
model Project Based Learning dan Discovery Learning pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Asam Basa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:46
Last Modified: 23 Jan 2025 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59189

Actions (login required)

View Item
View Item