Nasution, Nurfadillah Syam (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202431007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_Cover.pdf
Download (189kB)
![[thumbnail of 4202431007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (507kB)
![[thumbnail of 4202431007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_Abstrak.pdf
Download (575kB)
![[thumbnail of 4202431007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4202431007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_Daftar_Isi.pdf
Download (526kB)
![[thumbnail of 4202431007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_BAB_I.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of 4202431007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_BAB_V.pdf
Download (395kB)
![[thumbnail of 4202431007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202431007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (494kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) Pengembangan dan kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem koloid ditinjau berdasarkan BSNP; (2) Peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem koloid; (3) Respon siswa terhadap e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem koloid yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah antara lain: Analysis (menganalisis); Design (merancang); Development (mengembangkan); Implementation (implementasi); Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar validasi e-modul, lembar angket respon siswa, dan instrumen test soal sebanyak 20 butir. Media yang divalidasi oleh validator berdasarkan kriteria Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP), meliputi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. Setelah divalidasi e-modul ini di uji cobakan kepada siswa kelas XI MIA 8 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) E-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem koloid dinyatakan valid/layak dengan persentase rata-rata 91,6%; (2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap penggunaan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem koloid, terlihat dari uji N-Gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi; (4) Respon siswa terhadap e-modul yang dikembangkan, dikategorikan sangat baik dengan persentase rata-rata 87%. Pengembangan e-modul kimia berbasis Problem Based Learning (PBL) dapat dibuat dengan menggunakan materi yang lain, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 Nas p |
Keywords: | E-modul; Problem based learning; Sistem koloid; Hasil belajar; Respon siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 06:16 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59173 |