Manullang, Dedy Brankly (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN PENGELASAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113321008 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 5113321008 STATEMENT LETTER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
3. NIM 5113321008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 5113321008 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM 5113321008 PRECACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. NIM 5113321008 TABLE OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
7. NIM 5113321008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
8. NIM 5113321008 LIST OF TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 5113321008 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM 5113321008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
14. NIM 5113321008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
15. NIM 5113321008 BIIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diajukan karena rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran pengelasan dimana dari 35 siswa yang dinyatakan tuntas (KKM ≥ 75) 23 siswa atau 65.7% dan 12 siswa lagi dinyatakan tidak tuntas. Dengan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran pengelasan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MP SMK Negeri 2 Medan, yang mana terdiri atas 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model pembelajaran Practice Reherasal Pairs, yang mana dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah untuk menemukan apakah penerapan Model pembelajaran Practice Reherasal Pairs bisa secara signifikan Meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran teknik pengelasan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan postes dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Dimana pada data nilai semester diperoleh nilai rata-rata siswa 73 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal (PKK) 65.7%. Pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Practice Reherasal Pairs diperoleh nilai rata-rata siswa 77,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 74.20% Meski sudah mengalami peningkatan namun kelas belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal (siswa yang tuntas ≥ 75%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 80 dengan persentase ketuntasan klasikal 82.80%.Pada siklus II kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Practice Reherasal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MP SMK Negeri 2 Medan pada mata pelajaran teknik pengelasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 043 |
Keywords: | Model Pembelajaran Practice Reherasal Pairs; Hasil Belajar;Teknik Pengelasan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 04:05 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5917 |