PENGARUH BAHAN AJAR KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS NILAI SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Lubis, Melisa Damayanti (2024) PENGARUH BAHAN AJAR KESETIMBANGAN KIMIA BERBASIS NILAI SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131017_Cover.pdf] Text
4201131017_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4201131017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4201131017_Abstrak.pdf] Text
4201131017_Abstrak.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4201131017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131017_Kata_Pengantar.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 4201131017_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131017_Daftar_Isi.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4201131017_BAB_I.pdf] Text
4201131017_BAB_I.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4201131017_BAB_V.pdf] Text
4201131017_BAB_V.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 4201131017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar dan sikap spiritual peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar kesetimbangan kimia berbasis nilai spiritual terhadap hasil belajar siswa dan sikap spiritual siswa pada model pembelajaran inkuiri terbimbing, serta melihat hubungan sikap spiritual siswa terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 46 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi/wawancara, (2) angket spiritual siswa, (3) instrumen tes. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa didapat rata-rata pretest hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 31,08 dan pada kelas kontrol sebesar 34,13, kemudian nilai rata-rata postest kelas eksperimen sebesar 82,39 dan kelas kontrol sebesar 74,13. Selanjutnya, pada kelas eksperimen didapat rata-rata nilai angket sikap spiritual sebelum perlakuan sebesar 65,86 dan sesudah perlakuan sebesar 85,26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kesetimbangan kimia berbasis nilai spiritual pada model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan sikap spiritual siswa. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan buku paket SMA pokok bahasan kesetimbangan kimia dengan kelas yang menggunakan bahan ajar kesetimbangan kimia berbasis nilai spiritual, yaitu nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,016 < 0,05. Selanjutnya terdapat juga pengaruh bahan ajar kesetimbangan kimia berbasis nilai spiritual terhadap sikap spiritual siswa dengan melihat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, dimana nilai sig (2- tailed) > 0,05 atau 0,000 < 0,05 artinya bahwa bahan ajar kesetimbangan kimia berbasis nilai spiritual yang telah divalidasi oleh validator ahli dapat menumbuh kembangkan sikap spiritual siswa. Selain itu, terdapat juga hubungan sikap spiritual siswa terhadap hasil belajar nya yang diajarkan menggunakan bahan ajar kesetimbangan kimia berbasis nilai spiritual pada model pembelajaran inkuiri terbimbing dimana nilai sig (2-tailed) < 0,05 atau 0,013 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Nilai Spiritual, Inkuiri Terbimbing, Bahan Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 04:10
Last Modified: 16 Apr 2025 08:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59164

Actions (login required)

View Item
View Item