Sianturi, Ranti Evi Sondang (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model
pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil
belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1
Kualuh Hulu pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Sampel
dalam penelitian ini iyalah kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas XI 6
sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan
menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif
berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah diuji oleh validator dan
telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning
terhadap hasil belajar yaitu nilai pretest 44,5 dan nilai postest 88,83 dan pengaruh
model discovery learning yaitu nailai pretest 41,83 dan nilai postets 82,83 serta
terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu
dengan thitung 3,4843 > ttabel 2,002.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Problem Based Learning, Discovery Learning, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:27 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59158 |