Sianturi, Ranti Evi Sondang (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4201131007_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_Cover.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 4201131007_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 4201131007_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_Abstrak.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of 4201131007_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
![[thumbnail of 4201131007_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_Daftar_Isi.pdf
Download (277kB)
![[thumbnail of 4201131007_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_BAB_I.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of 4201131007_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_BAB_V.pdf
Download (235kB)
![[thumbnail of 4201131007_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4201131007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (538kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1
Kualuh Hulu pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Sampel dalam penelitian ini iyalah kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah diuji oleh validator dan telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning
terhadap hasil belajar yaitu nilai pretest 44,5 dan nilai postest 88,83 dan pengaruh model discovery learning yaitu nailai pretest 41,83 dan nilai postets 82,83 serta terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu dengan thitung 3,4843 > ttabel 2,002.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.394 Sia p |
Keywords: | Problem based learning; Discovery learning; Laju reaksi; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 03:27 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59158 |