PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA

Sianturi, Ranti Evi Sondang (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131007_Cover.pdf] Text
4201131007_Cover.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 4201131007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 4201131007_Abstrak.pdf] Text
4201131007_Abstrak.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 4201131007_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131007_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4201131007_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131007_Daftar_Isi.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 4201131007_BAB_I.pdf] Text
4201131007_BAB_I.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4201131007_BAB_V.pdf] Text
4201131007_BAB_V.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4201131007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1
Kualuh Hulu pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Sampel dalam penelitian ini iyalah kelas XI 1 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang sudah diuji oleh validator dan telah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning
terhadap hasil belajar yaitu nilai pretest 44,5 dan nilai postest 88,83 dan pengaruh model discovery learning yaitu nailai pretest 41,83 dan nilai postets 82,83 serta terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu dengan thitung 3,4843 > ttabel 2,002.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Sia p
Keywords: Problem based learning; Discovery learning; Laju reaksi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:27
Last Modified: 23 Apr 2025 05:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59158

Actions (login required)

View Item
View Item