Manalu, Herianto (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113321013 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 5113321013 STATEMENT LETTER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
3. NIM 5113321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM 5113321013 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 5113321013 PRECACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM 5113321013 TABEL OF CONTANT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. NIM 5113321013 LIST OF TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 5113321013 LIST OF FRIGURES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 5113321013 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM 5113321013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
14. NIM 5113321013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
15. NIM 5113321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X mesin produksi di SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2015/2016. Menggambar teknik merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan menengah kejuruan kompetensi keahlian teknik produksi. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X mesin produksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MP 1 SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 35 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example non Example dapat meningkatkan hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X MP di SMK Negeri 2 Medan. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 74,2% pada siklus I dan 82,2% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 77,7 pada siklus I dan 80,1 pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 044 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Example Non Example; Hasil Belajar; Menggambar Teknik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 03:58 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5915 |