ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI IPA SMA

Simanjuntak, Lewis M. (2024) ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sisiwa
yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan problembased
learning (PBL) berbasis praktikum pada materi kesetimbangan kimia.
Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan semester
ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen,
dengan menggunakan jenis one pretest-posttest group design. Penentuan sampel
digunakan dengan teknik clustur random sampling dan terpilih dua kelas, yaitu
kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Instrumen digunakan adalah
instrumen tes berupa soal pilihan ganda 25 butir soal terkait materi kesetimbangan
kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan hasil belajar siswa
yang dibelajarkan dengan model Learning Cycle 5E dan model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum pada materi Kesetimbangan
Kimia dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 79,75
lebih tinggi dari kelas eksperimen II yaitu senilai 74,42 dan dimana model
pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dari pada model Problem Based
Learning(PBL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Learning Cycle 5E, Problem-Based Learning (PBL), Praktikum, dan Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:57
Last Modified: 22 Jan 2025 06:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59126

Actions (login required)

View Item
View Item