Simanjuntak, Lewis M. (2024) ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI IPA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331013_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_Cover.pdf
Download (293kB)
![[thumbnail of 4203331013_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (481kB)
![[thumbnail of 4203331013_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_Abstrak.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of 4203331013_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_Kata_Pengantar.pdf
Download (462kB)
![[thumbnail of 4203331013_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_Daftar_Isi.pdf
Download (310kB)
![[thumbnail of 4203331013_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_BAB_I.pdf
Download (462kB)
![[thumbnail of 4203331013_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_BAB_V.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of 4203331013_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (466kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sisiwa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Learning Cycle 5E dan problem based learning (PBL) berbasis praktikum pada materi kesetimbangan kimia. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan menggunakan jenis one pretest-posttest group design. Penentuan sampel digunakan dengan teknik clustur random sampling dan terpilih dua kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Instrumen digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda 25 butir soal terkait materi kesetimbangan kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Learning Cycle 5E dan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum pada materi Kesetimbangan Kimia dimana rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 79,75 lebih tinggi dari kelas eksperimen II yaitu senilai 74,42 dan dimana model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dari pada model Problem Based Learning(PBL).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.392 Sim a |
Keywords: | Learning cycle 5E; Problem based learning; Praktikum; Kesetimbangan kimia; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 06:57 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59126 |