PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATERI STOIKIOMETRI

Putri, Lera Sani Damah (2024) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATERI STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193331016_Cover.pdf] Text
4193331016_Cover.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4193331016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193331016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 4193331016_Abstrak.pdf] Text
4193331016_Abstrak.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4193331016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193331016_Kata_Pengantar.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4193331016_Daftar_Isi.pdf] Text
4193331016_Daftar_Isi.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of 4193331016_BAB_I.pdf] Text
4193331016_BAB_I.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 4193331016_BAB_V.pdf] Text
4193331016_BAB_V.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4193331016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193331016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul kimia pada materi stoikiometri. Pada penelitian ini digunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dimodifikasi Dimana hanya dilakukan tahap analisis (analysis), desain (design) dan pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan yang dilaksanakan selama 3 bulan. Kelayakan media dilihat melalui angket kelayakan ahli media dan ahli materi dengan skala likert 1 sampai 5. Validitas modul kimia berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan aplikasi canva pada materi stoikiometri didapatkan dari hasil validasi dosen dan guru, sedangkan penilaian responden terhadap modul kimia berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan aplikasi canva pada materi stoikiometri ini didapatkan dari hasil penilaian guru dan siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa modul kimia berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan aplikasi canva pada materi stoikiometri memenuhi kriteria kelayakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP), dengan kriteria Layak dengan persentase materi 87,67% dan persentase media 86% serta sudah dilakukan revisi dari saran/komentar yang diberikan validator dan modul kimia berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan aplikasi canva pada materi stoikiometri dikategorikan Sangat Menarik dengan persentase rata-rata hasil respon guru 91,30% dan respin siswa dengan persentase rata-rata yaitu 81,00%. Berdasarkan hasil validasi ahli dan penilaian responden dapat disimpulkan bahwa modul kimia berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan aplikasi canva pada materi stoikiometri ini sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran stoikiometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.26 Put p
Keywords: Problem based learning; Stoikiometri; Canva; Modul; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:54
Last Modified: 16 Apr 2025 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59118

Actions (login required)

View Item
View Item