PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

SINURAYA, ELSA BR (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131076_Cover.pdf] Text
4203131076_Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131076_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Abstrak.pdf] Text
4203131076_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131076_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131076_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_BAB_I.pdf] Text
4203131076_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_BAB_V.pdf] Text
4203131076_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203131076_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131076_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan model Discovery Learning berbantuan media video animasi pada materi kesetimbangan kimia; (2) Mengetahui adanya perbedaan kemampuan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan model Discovery Learning berbantuan media video animasi pada materi kesetimbangan kimia. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling, diperoleh keleas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media video animasi dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model Discovery Learning berbantuan media video animasi. Hasil kemampuan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata dari 47,05 menjadi 82,94, begitu juga dengan hasil kemampuan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning yaitu dengan nilai rata-rata 44,17 menjadi 79,94. Melalui uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan prasyarat normalitas dan homogenitas , diperoleh nilai Sig.(2-Tailed) sebesar 0,024. Maka nilai 0,024 < 0,05 sehingga Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan kemampuan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan model Discovery Learning berbantuan media video animasi pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan literasi sains, model PBL, model DL, media video animasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:10
Last Modified: 22 Jan 2025 04:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59113

Actions (login required)

View Item
View Item