Maradil (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR1) SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5112121004 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
2. NIM. 5112121004 LEGITIMATION SHEET.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
3. NIM. 5112121004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
4. NIM. 5112121004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM. 5112121004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
6. NIM. 5112121004 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM. 5112121004 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM. 5112121004 LIST OF APPENDDEXES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 5112121004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
13. NIM. 5112121004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
14. NIM. 5112121004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar mata diklat Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaran Ringan SMK Negeri 2 Panyabungan melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan evaluasi hasil belajar dan aktivitas belajar pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretest siswa 34,87, lalu pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 70,5. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran berbasis masalah pada siklus II terjadi peningkatak nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 82,0. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 22 orang siswa (55%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 36 orang siswa (90%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 4 orang siswa (10%) belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan jumlah skor 28,15 siswa tergolong kurang aktif dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II diperoleh jumlah skor 36,99 siswa tergolong aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Panyabungan Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 011 |
Keywords: | Hasil Belajar;Aktivitas Menggambar Teknik; Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 02:46 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5911 |