Sinaga, Bunga Apriani (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202331002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_Cover.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202331002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202331002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_Abstrak.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202331002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_Kata_Pengantar.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202331002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_Daftar_Isi.pdf
Download (583kB)
![[thumbnail of 4202331002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_BAB_I.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202331002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_BAB_V.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202331002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202331002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan e-modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem periodik unsur berdasarkan instrumen penilaian BSNP yang terdiri dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan, (2) praktikalitas e-modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem periodik unsur melalui respon guru kimia dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Tahap awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis awal, analisis ATP, dan analisis bahan ajar. Kemudian dilakukan perancangan dan pembuatan e-modul pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem periodik unsur. Hasil akhir e-modul diubah dalam bentuk flipbook berbantuan aplikasi Flip PDF Professional. Kemudian e-modul divalidasi kelayakannya oleh 6 orang validator. Setelah dilakukan tahap validasi kelayakan dan tahap revisi atau perbaikan, maka dilakukan uji praktikalitas melalui respon 2 orang guru kimia dan 31 orang peserta didik. Hasil persentase kelayakan e-modul yang diperoleh pada penelitian adalah pada kelayakan isi sebesar 94%, pada kelayakan penyajian sebesar 95%, pada kelayakan bahasa sebesar 96%, dan pada kelayakan kegrafikan sebesar 85%, dimana keempat penilaian tersebut termasuk dalam kriteria "sangat layak". Pada uji praktikalitas oleh guru diperoleh persentase sebesar 96% dan oleh peserta didik diperoleh sebesar 90%, dengan kriteria "sangat praktis".
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul; Project based learning; Sistem periodik unsur; Kelayakan; Praktikalitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 08:19 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59096 |