IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA PENGAJARAN ELEKTROFORESIS

Cibro, Ayu Aryaty (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PADA PENGAJARAN ELEKTROFORESIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331036_Cover.pdf] Text
4203331036_Cover.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4203331036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of 4203331036_Abstrak.pdf] Text
4203331036_Abstrak.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 4203331036_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331036_Kata_Pengantar.pdf

Download (722kB)
[thumbnail of 4203331036_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331036_Daftar_Isi.pdf

Download (916kB)
[thumbnail of 4203331036_BAB_I.pdf] Text
4203331036_BAB_I.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4203331036_BAB_V.pdf] Text
4203331036_BAB_V.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of 4203331036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (323kB)

Abstract

Upaya peningkatan kompetensi mahasiswa perlu dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pembelajaran elektroforesis, diperlukan praktikum sebagai metode yang efektif. Melakukan praktikum di laboratorium dapat membantu meningkatkan keterampilan peserta didik dalam aktivitas laboratorium. Namun, ketika LPTK tidak memiliki perangkat elektroforesis yang memadai, solusi yang dapat diterapkan adalah menggunakan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran berbasis komputer. Penggunaan laboratorium virtual membantu proses pembelajaran dan memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan sikap ilmiah dan keterampilan dalam proses sains tanpa perlu berada di laboratorium secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran berbasis laboratorium virtual yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam pengajaran elektroforesis. Ini melibatkan seluruh mahasiswa Angkatan 2021 Jurusan Kimia Prodi Pendidikan kimia Universitas Negeri Medan yang terdiri dari 5 kelas, yaitu dengan jumlah sekitar 140 siswa. Penelitian terdiri dari beberapa langkah diantaranya. Memberikan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengukur hasil belajar (T₁) sebelum perlakuan, sekaligus untuk menentukan sampel mahasiswa ditinjau dari kehomogenan kemampuan awal (hasil pre-test). Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan implementasi pembelajaran medialaboratorium virtual untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sedangkan pada kelas kontrol ada kegiatan praktikum. Setelah proses pembelajaran atau pemberian perlakuan di setiap kelas selesai, melakukan post test untuk mengukur prestasi hasil belajar T2 di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan hasil penelitian ini menyoroti beberapa hal: (1) Media pembelajaran berbasis laboratorium virtual untuk pengajaran Elektroforesis dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dilihat dari adanya hubungan nilai post test dan nilai pretest dan efektivitas media pembelajaran berbasis laboratorium virtual sebesar 13,45. (2) Hasil belajar mahasiswa dalam bidang Kimia Analitik yang diajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual Elektroforesis lebih tinggi dari hasil belajar mahasiswa yang tidak menggunakan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual yaitu pada kelas eksperimen memiliki peningkatan sebesar 13,45 setelah melaksanakan pembelajaran dan kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 11,11 setelah melaksanakan pembelajaran (3) Ada perbedaan kompetensi mahasiswa bila diajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis laboratorium Elektroforesis di banding pembelajaran konvensional (4) Media pembelajaran berbasis laboratorium virtual efektif untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa pada pengajaran elektroforesis data ini dapat dilihat dari efektivitas media yaitu sebesar 19,6% dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.372 Cib i
Keywords: Laboratorium virtual; Elektroforesis; Media pembelajaran inovatif; Kompetensi mahasiswa; Kimia analitik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:06
Last Modified: 10 Apr 2025 06:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59094

Actions (login required)

View Item
View Item