PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Rahmah, Aulia (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131027_Cover.pdf] Text
4203131027_Cover.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of 4203131027_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131027_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of 4203131027_Abstrak.pdf] Text
4203131027_Abstrak.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4203131027_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131027_Kata_Pengantar.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of 4203131027_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131027_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203131027_BAB_I.pdf] Text
4203131027_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131027_BAB_V.pdf] Text
4203131027_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131027_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131027_Daftar_Pustaka.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan LKPD berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada penelitian ini digunakan instrumen non-tes berupa angket validasi dan instrumen tes dengan 5 aspek berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengukur kevalidan LKPD yang dikembangkan; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan; 3) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik; 4) mengetahui apakah keterampilan berpikir kritis peserta didik pada penggunaan LKPD berbasis STEM yang dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan LKPD berbasis STEM. Teknik pengumpulan data melalui angket BSNP, angket respon peserta didik dan uji N-Gain untuk peningkatan berpikir kritis dan uji t pihak kanan. Sampel penelitian ini adalah 70 peserta didik kelas XI F1B dan XI F2D yang dipilih secara acak. Berdasarkan validator ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa 94,34% ahli materi dan 87,50% ahli media LKPD yang dikembangkan memiliki interpretasi sangat tinggi dan tingkat kevalidan "Sangat valid". Sedangkan 87,27% respon peserta didik menilai "Sangat baik" untuk digunakan dalam pembelajaran topik laju reaksi. Hasil uji N-Gain menunjukkan gain kelas eksperimen yang diajar menggunakan LKPD berbasis STEM sebesar 0,81 sedangkan gain kelas kontrol yang tidak menggunakan LKPD berbasis STEM sebesar 0,71. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 3,276 > ttabel = 1,667. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis STEM sangat baik digunakan dalam perkuliahan pada topik laju reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Rahp
Keywords: Laju reaksi; Berpikir kritis; Lembar kerja peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:59
Last Modified: 10 Apr 2025 06:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59093

Actions (login required)

View Item
View Item