Ningsih, Astri (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4202131008_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_Cover.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202131008_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202131008_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_Abstrak.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202131008_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_Kata_Pengantar.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 4202131008_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 4202131008_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_BAB_I.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202131008_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_BAB_V.pdf
Download (5MB)
![[thumbnail of 4202131008_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4202131008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Macromedia Flash terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Materi Laju Reaksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA MAS Al-Asy’ariyah Medan Krio yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group desain. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrument tes dan non-tes. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t pihak kanan. Hasil perhitungan data aktivitas belajar diperoleh thitung 2,36 > ttabel 1,70, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti Aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media Macromedia Flash lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media PPT. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung 4,43 > ttabel 1,70, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media Macromedia Flash lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media PPT, dan berdasarkan uji korelasi didapatkan ada korelasi yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Macromedia Flash pada materi Laju Reaksi dengan kontribusi aktivitas belajar sebesar 64%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.394 Nin p |
Keywords: | Problem based learning; Macromedia flash; Laju reaksi; Hasil belajar; Aktivitas belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:51 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 06:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59092 |