Syarif, Mohammed Ari Rachman (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMBUBUTAN PADA SISWA KELAS XII TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5111121005 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 5111121005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM 5111121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 5111121005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
5. NIM 5111121005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 5111121005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM 5111121005 TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 5111121005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
12. NIM 5111121005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
13. NIM 5111121005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pembubutan dengan menggunakan model Project Based Learning(PjBL) pada materi poros ulir/mur dengan suaian/toleransi khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Stabat sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) pada materi poros ulir/mur dengan suaian/toleransi khusus 2015/2016. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 18 siswa (62,06%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa (37,94%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 70,68 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 62,06%. Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I di peroleh rata-rata 61,53%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 24 siswa (85,71%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (14,29%) lainnya belum tuntas. Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II maka diperoleh nilai rata-rata pada 19 siswa disiklus I bertambah sebanyak 6 siswa disiklus II menjadi 24 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 11 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 4 siswa di siklus II. Untuk aktivitas belajar siswa pada siklus II semakin meningkat menjadi rata-rata 84,61%. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi poros ulir/mur dengan suaian/toleransi khusus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 034 |
Keywords: | Hasil Belajar Teknik Pembubutan; Model Project Based Learning;Penelitian Tindakan Kelas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 02:21 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5909 |